Share :  

Pidato pada hakikatnya merupakan kegiatan dimana seseorang menyampaikan komunikasi secara verbal saja. Akan tetapi, seiring perkembangan zaman, banyak orang berpidato yang menggunakan bantuan slide presentasi. Lantas, bagaimana kiat-kiat agar kita dapat membuat slide presentasi tanpa mengganggu alur pidato?

Pergunakan Aset Gambar di Slide

Ide paling sederhana adalah dengan menampilkan gambar fullscreen di setiap slide. Hal ini dapat membuat audiens Anda tetap fokus memperhatikan Anda dan mencerna informasi dengan lebih leluasa serta lebih mengerti konteks yang Anda bicarakan karena terbantu oleh gambar yang ditampilkan.

Hindari Terlalu Banyak Detil

Ingat, Anda akan melakukan pidato, bukan presentasi produk. Hindari terlalu banyak detil di slide presentasi Anda (contoh: terlalu banyak point-point di slide presentasi). Keep it super simple, kalaupun Anda menginginkan adanya tulisan, Anda bisa mengetik satu kalimat kesimpulan dari potongan pidato Anda dan dibuat dalam ukuran font besar (satu kesimpulan untuk setiap slide saja).

Hindari Efek Animasi Berlebihan

DoctorSlide menyarankan agar slide presentasi yang telah dibungkus untuk pidato lebih baik untuk dihindarkan dari berbagai efek animasi yang berlebihan. Mengapa? Hal ini untuk memastikan tidak adanya gangguan/bugs ketika menjalankan presentasi dan juga tidak menghilangkan momentum/fokus audiens hanya karena animasinya yang terlalu lambat. Untuk transisi dapat saja diberikan efek animasi, tapi pastikan tidak berlangsung lama (kurang lebih 1 detik). Jangan lupa untuk selalu test menjalankan slide presentasi sebelum hari H.

Jangan lupa untuk menguasai konten pidato Anda ya agar semuanya berjalan dengan lancar. Jangan sungkan untuk menghubungi DoctorSlide apabila diperlukan bantuan di bidang desain slide presentasi.

Jika Anda menyukai artikel kami, bantu kami untuk menyebarluaskan pengetahuan ini via jejaring sosial (Facebook, Twitter, Google+, dan LinkedIn) thanks a bunch and have a nice day! :)

Share :  



More Tips and Tricks


0%
Uploading